Minggu, 22 Januari 2012

Review: Controlling Crime and Corruption from Below: Sungusungu in Kenya

Artikel ini menjelaskan tentang perkembangan organisasi sungusungu di Kenya. organisasi ini berperan dalam menangani kasus kriminal seperti perampokan yang mana sanksi yang diberikan berdasarkan kepada norma setempat. Sungusungu sangat berbeda dengan organisasi lain dalam menangani masalah korupsi. Organisasi ini tidak melibatkan polisi dalam menyelesaikan masalahnya karena dia meyakini jika dia mengaitkan antara jalur kepolisian dan peradilan maka akan di takutkan terjadinya korupsi sistemik antara mereka.
Kenya adalah negara yang sangat rentan akan terjadinya korupsi, masyarakat di Kenya tidak lagi mempercayai pemerintahan dan kepolisian setempat karena mereka hanya main hakim sendiri dalam menanggani kasus-kasus. Maka oleh karena itulah menimbulkan organisasi yang sangat bertentangan dengan pemerintah dan kepolisian, salah satu organisasi yang didirikan adalah Polmas. Organisasi ini sangat di kenal oleh masyarakat Kenya karena organisasi ini sangat melindungi kelompok-kelompok lokal dan menjaga ketertiban di pedesaan.
Small arms and sungusungu
Berkembangnya sungusungu di Tanzania pada tahun 1980-an sangat erat kaitannya dengan perang antara Tanzania dan Uganda pada tahun 1978. Setelah berakhirnya perang ini menyebabkan rasa ketidakamanan bagi Tanzania kerena berkembangnya gerakan kriminal seperti penyelundupan senjata dan pencurian saham. Maka oleh karena itu di bentuklah organisasi sungusungu untuk merespon ancaman tersebut. Darisinilah mereka memulai berkembang di berbagai Kota Tanzania. Kenya juga dihantui oleh perang eksternal dengan negara lain selain negara Kenya ini sering di hantui oleh perang saudara antara pemerintah dan warga sipil dalam negeri. Maka adanya sungusungu ini adalah suatu gerakan yang sangan membantu bagi penduduk setempat karena menawarkan keamanan bagi mereka.
Kuria and its thieves
Di Kenya, Kuria banyak rumah-rumah yang menyembunyikan pencuri sehingga identitas para pencuri sangat sulit untuk dikenal. Oleh karena itu, sangat susah untuk menyelesaikan masalah pencurian di Kuria juga dikarenakan mereka yang dilindungi oleh kerabat mereka di daerah lain. Selain itu mereka juga bisa menyuap para pejabat penegak hukum. Walaupun mereka di hukum, tidak lama kemudian mereka akan bebas dengan sangat mudah. maka dengan memberikan kasus pencurian di Kuria ini kepada pemerintahan adalah hal yang sangat sia-sia.
Selain dari hal diatas, para pencuri juga menyuap pejabat-pejabat negara untuk melancarkan misinya dalam menyelundupkan senjata, dan para pencuri di Kuria juga merekrut para pejabat negara untuk menjadikan sekutu mereka dalam menjalankan misinya yang sangat berguna apabila mereka terbentur dengan beberapa masalah maka para pejabat tersebut dapat membantu mereka dalam menyelesaikan masalah-masalah yang di dapatkan.
Karena begitu sangat banyaknya para pejabat yang terlibat dengan korupsi, maka yang sangat di perlukan dalam menegakkan hukum dalam menangani kasus pencurian di Kuria adalah organisasi seperti sungusungu. Sungusungu selain memberikan responan terhadap pencuri tetapi dia juga mendapat tantangan dari para pejabat negara dan kepolisian yang bergabung dengan para pencuri tersebut. Maka hal ini menyebabkan terjadinya pro kontra di kalangan pejabat karena organanisasi hanya merupakan organisasi independen yang illegal.
Dalam artikel ini juga di jelaskan bahwa polisi juga pernah di dapatkan membantu para pencuri dengan menangkap anggota dari Sungusungu, karena organisasi sungusungu telah menangkap para pencuri dan para pencuri mendesak kepolisian yang bersekutu dengannya untuk membantu para pencurian tersebut. Tentunya hal ini sangat membuat pihak kepolisian bimbang dalam mengambil keputusan antara menegakkan hukum dan membantu sekutunya.
Selain dari itu yang menjadi masalah utama dalam organisasi sungusungu adalah masalah pendanaan, sehingga juga membuat organisasi independen ini terkadang terpaksa untuk terhenti sementara, dan dalam menjalankan aksinya sungusungu juga mendapatkan ancaman besar dari para pencuri, seperti ancaman pembunuhan terhadap keluarga sungusungu dan pembakaran terhadap rumah sehingga hal ini menyebabkan turunnya kinerja dari organisasi sungusungu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar